Monday, January 18, 2016


Trik Rahasia Menguasai Bahasa Inggris dengan Mudah dan Cepat

RAHASIA MAMPU BERBAHASA INGGRIS DENGAN CEPAT

A. Pahami hakikat Bahasa

Bahasa adalah alat komunikasi. Hanya sekedar alat untuk menyampaikan pikiran (thought), perasaaan (feeling) dan kebutuhan (needs). Karena itu gunakanlah langsung bahasa Inggris sejak dini – sebagai alat komunikasi, tempatkan dia, gunakan dia sebagaimana hakikatnya

Seorang anak usia 10 bulan yang belum memiliki alat komunikasi, dia akan menangis saat melihat seorang tukang balon melintas- alat komunikasinya adalah “menangis”. Tetapi 2 minggu kemudian saat dia sudah mulai mengenal kata

Maka dia tidak perlu menangis lagi, saat melintas kembali tukang balon dihadapannya, dia akan menggunakan bahasa itu sebagai alat nya, dia akan berkata kepada emak nya “mak, balon”

Bisakah anda menangkap makna dari contoh cerita diatas. Jika seorang anak bayi saja sudah berusaha menggunakan bahasa, walaupun baru 2 kata yang ia miliki – mengapa Anda tidak.

Saya berani bertaruh anda memiliki puluhan kosakata dalam bahasa Inggris, tapi selama ini anda tidak memfungsikan nya sebagaimana hakikatnya yaitu alat komunikasi. Mari kita sama-sama berjanji, bahwa mulai hari ini .. sejak dini awal anda mengikuti kursus bahasa Inggris online FUL CONVERSATION ini, gunakan langsung untuk bercakap-cakap seperti halnya anak bayi tersebut.

Jika anda tidak mau berjanji untuk melakukan hal ini, lupakan saja cita-cita anda ingin mampu berbicara bahasa Inggris dengan cepat. Karena sistim full conversation ini adalah satu-satunya sistim yang tercepat dari semua sistim yang ada, tinggal anda sendiri harus berjanji untuk melaksanakan apa yang saya sarankan.
 
Belajar Bahasa Inggris

B. Bahasa adalah Skill bukan Knowledge

Bahasa adalah alat komunikasi, anda sudah tau itu. Dan orang berkomunikasi melalui

bicara (speaking), tentu saja ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi menggunakan bahasa melalui tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading). Inilah 4 skill bebahasa yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempelajari

bahasa yaitu :
  1. Listening
  2. Speaking
  3. Reading
  4. Writing
Inilah yang disebut dengan 4 skills of language atau 4 ketrampilan bahasa. Dan ini pula tujuan kursus bahasa Inggris online sistim Full Conversation kita, yaitu saya akan membentuk 4 skill berbahasa anda secara terpadu. Maaf, apakah anda melihat ada tulisan GRAMMAR disitu? Tidak ada !! .. grammar bukanlah tujuan mempelajari bahasa. Selama ini banyak orang salah kaprah, termasuk sistim pendidikan bahasa Inggris di Indonesia yang menganggap bahwa GRAMMAR adlaah tujuan.

Mereka berlomba2 menghambur2kan rumus grammar, dan dianggapnya bahwa dengan menguasai grammar, akan menguasai bahasa. No Way!! .. ini adalah cara kuno yang terbukti salah kaprah, metode ini terakhir digunakan pada abad 18.


Bagi anda yang pernah mengikuti pesantren konvensional, disitu ditekankan bahwa untuk menguasai bahasa arab harus menguasai NAHWU dan SHOROF. Itulah salah satu contoh peninggalan pengajaran bahasa melalui metode yang disebut dengan Grammar-Translation Method. Jadi kembali saya tegaskan, grammar bukanlah tujuan kita dalam belajar bahasa Inggris, walaupun grammar pada akhirnya tetap akan saya berikan tetapi pada tahap lanjutan saat anda mulai membentuk kemampuan READING dan WRITING.

EnglishforAcademic.com 468x60  

C. Aliran Grammar

Tahukah anda bahwa grammar sendiri mempunyai banyak aliran, dan setiap aliran mempunyai kaidah yang tidak serupa. Diantara aliran2 grammar yaitu Transformative-Generative Grammar, Case Grammar, Descriptive Grammar, Prescriptive Grammar, dsb. Belum lagi bicara trend Amercan Grammar, British Grammar, mari saya contoh kan sbb.

Mary is a nurse. The nurse is .........

A. She b. He c. her d. Him

Jawaban yang mana menurut anda benar? Jika anda memilih A maka anda mengikuti aliran Transformative-Generative Grammar yang disusun oleh Noam Chomsky, seorang matematikawan yahudi amerika yang terjun kedalam bidang bahasa. Bahasa dibuat seperti matematika, peninggalannya diantara nya adalah adanya kalimat ( + ) dan kalimat ( - ), juga permainan kalimat yang melibatkan logic seperti :

Mary is happy --> Mary bahagia
Mary is unhappy --> Mary TIDAK bahagia
Mary is NOT unhappy ---> Mary bahagia 

(dalam matematika jika minus bertemu minus menjadi plus)
Contoh lainnya : Isilah soal ini dengan AM, IS atau ARE

1. The pen ....... blue (jawaban adalah IS)
2. The data ...........correct (jawaban adalah ARE)
3. 1000 dollars .... much (jawaban adalah IS)
4. Robocop and his gun ... powerful (jawaban adalah IS)

Mari kita melangkah kepada contoh lain
Today is Sunday (Ini adalah grammar Amrik, yang bagi grammar Inggris salah)
It is Sunday Today (ini yang benar menurut Grammar Inggris)
Tomorrow is Monday (ini adalah grammar Amrik, yang bagi grammar Inggris salah)

It will be Monday tomorrow (inilah yang benar menurut Grammar Inggris)

Saya bertanya, anda mengikuti kursus bahasa Inggris online Full Conversation untuk apa? jika hanya untuk menguasai rumus-rumus Grammar beli saja bukunya banyak dipinggir jalan. Silahkan anda berpusing diri menghafal rumus-rumus yang tidak ada manfaatnya bagi kemajuan berbahasa Inggris anda. Dan satu hal lagi, Anda ingat salah satu lagu dari kelompok The Beatles disitu ada syair sbb.

“ .........but she DON’T care ..........”
Lihat !! ..secara grammar sudah jelas salah. Tetapi toh mereka menggunakannya. Dan itu sah-sah saja karena hakikat bahasa adalah ALAT KOMUNIKASI. Nah, jika mereka saja yang lahir dengan mata biru, hidung mancung masih tidak menggunakan grammar yang benar, kenapa Anda bersusah payah menghafal rumus-rumus grammar yang akhirnya membuat anda jenuh dan frustasi dalam belajar bahasa Inggris?

Okay, mulai sekarang lupakan grammar dulu. Saya minta anda berperan menjadi anak bayi yang ada pada contoh diatas, langsung gunakan bahasa Inggris untuk komunikasi, tidak usah takut salah, hajar aja bleh ...urusan belakangan, dalam komunikasi yang penting adalah anda paham, saya pun paham apa yang kita bicarakan.

FullConversation.com 468x60
D. Bedakan antara SKILL dan KNOWLEDGE

Skill adalah ketrampilan, sedangkan knowledge pengetahuan. Didalam psikologi pengetahuan ada dalam ranah cognitive sedangkan ketrampilan ada dalam ranah motoric (gerak), pelajaran yang sifatnya cognitive diantara nya adalah sejarah dimana anda menghafal, IPS, dsb. Pelajaran yang sifatnya motoric diantaranya adalah “berenang, karate, mengetik, menari,dsb”. Pelajaran yang sifatnya motoric (gerak) mau tidak mau harus bergerak.

Ada contoh menarik seperti ini, anggap saja anda ingin menguasai bela diri CIMANDE. Kemudian anda karena sibuk kemudian membeli bukunya. Mulailah anda pelajari buku tersebut dimulai dari BAB I yaitu tentang “Sejarah Cimande”. Anda baca, kemudian dihafal dan dibagian akhir ada pertanyaan yang harus diisi, ada pilihan ganda, dsb.

Selanjutnya Anda masuk ke BAB II yaitu jenis-jenis pukulan, disitu diterangkan bermacam jenis pukulan cimande, seperti biasa diakhir Bab ada latihan tertulis yang harus diisi oleh Anda.

Selanjutnya masuk BAB III yaitu RUMUS PUKULAN, disitu diterangkan bagaimana rumus pukulan lurus, dimana anda harus menghitung kecepatan pukulan dengan bobot pukulan, anda siapkan kalkulator karena banyak sekali soal-soal tentang rumus pukulan.

Dsb. hingga selesai, tanpa anda pernah ber GERAK. Pertanyaan saya, apakah anda sudah menguasai cimande tersebut?? Tentu tidak !! .. apa yang anda pelajari selama ini hanya PENGETAHUAN tentang cimande, bukan cimande itu sendiri. Cimande itu sendiri adalah skill (ketrampilan) yang harus anda tebus dengan GERAK, gerak dan gerak dan gerak ..sampai benar-benar OTOMATIS TANPA BERPIKIR. Karena ciri skill yang sudah jadi adalah anda mampu melakukannya tanpa berpikir, seperti halnya saat anda berenang, naik sepeda .. apa rumus naik sepeda biar tidak jatuh?? Tidak ada, yang ada hanya anda praktek sampai benar-benar menguasai tanpa berpikir.

Rekan yang saya hormati, inilah yang harus anda camkan. Bahwa dalam mengikuti kursus bahasa inggris online ini, saya minta anda menebus kesuksesan anda dengan memperlakukan bahasa inggris apa adanya. Bahasa Inggris adalah SKILL terdiri dari 4 SKILL yang semuanya harus anda tebus dengan gerak. Anda ingin mampu bicara, ayo kita bicara, anda ingin mampu menulis ..ayo kita menulis. Semuanya harus ditebus dengan gerak, dengan praktek dan praktek dan praktek. Selama ini bahasa Inggris di Indonesia dianggap sebagai pengetahuan, menghafal dan menghafal persis seperti belajar cimande dengan buku, menghitung rumus2 pukulan. Baik mulai hari ini anda harus siap bersusah payah, menebus kesuksesan ini dengan praktek. Melalui materi dan sistim full conversation yang sangat praktis dan cepat ini.

panduanotodidak.com 468x60
E. Bagaimana jadwal yang ideal agar skill tercapai?

Baik, kursus bahasa Inggris online ini memang sudah saya desain dengan 2x materi setiap minggu, anggap saja 2x pertemuan setiap minggu. Sekarang saya bertanya pada Anda, pernahkah anda

KURSUS NAIK SEPEDA ?? Tidak pernah bukan, baik sekarang bayangkan kursus naik sepeda itu memang ada.. Lalu dibuatlah jadwal 2x seminggu setiap belajar 90 menit. Bisakah anda bayangkan berapa lama waktu yang harus dibuang untuk bisa naik sepeda jika belajar nya hanya 2x seminggu tanpa mau praktek lagi.

Mari kita bernostalgia .. saat Anda belajar naik sepeda. Apakah anda membuat jadwal seperti itu dengan 2x seminggu?? Tidak bukan, ...setiap menit anda ingat sepeda, di sekolah ingat sepeda, dirumah langsung sambar sepeda, di taklim anda ingat sepeda, sepeda dan sepeda ..sepeda. Tentu tidak lama kemudian anda memiliki SKILL tersebut, dimana anda bisa melakukannya tanpa berpikir.

Yakinlah, tidak ada syllabus belajar bahasa Inggris yang lebih praktis dan cepat selain e-Compusoft Online English Training. Tidak perlu jenius, enjoy aja .. tidak ada bedanya kok orang belajar sepeda dengan belajar bahasa Inggris. Gerak ..gerak ...gerak ... itu kuncinya, apalagi e-Compusoft menggunaan sistim FULL CONVERSATION, buktikan dalam 4x belajar dari NOL Anda dijamin sudah lancar diskusikan gambar dengan pronunciation yang benar.Itulah sebabnya dalam kursus bahasa Inggris online ini, walaupun saya jadwalkan 2x seminggu anda mendapatkan materi (anggap saja tatap muka), tapi tolong praktekan terus menerus seperti halnya pertama kali anda belajar naik sepeda dulu.

Mari kita sama-sama komit, saya yakin Anda berbakat. Saya tidak meminta anda muluk2, saya hanya meminta Anda komit dengan cita-cita Anda menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan cepat – bahkan lebih cepat dari yang Anda bayangkan !!

3 comments