Thursday, September 1, 2016

Dalam dunia pendidikan metode pembelajaran bahasa inggris benar benar penting sebab untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Mengajarkan bahasa asing sebagai bahasa target ialah suatu tantangan terutama bagi seseorang guru. Seperti yang kita ketahui dengann, bahwa bahasa asing yang sekarang sebahagian besar diajarkan di tiap-tiap sekolah-sekolah Indonesia merupakan bahasa Inggris.



Pada kesempatan ini, penulis bakal membahas berkaitan beberapa metode dalam pengajaran bahasa inggris. Tapi sebelumnya apa itu metode pembelajaran? Well, good readers metode yaitu suatu kiat/ cara. Tidak Cuma itu ada pengertian lain yang menyebut bahwa metode pembelajaran ialah sebuah trik yang dipakai guru atau pengajar untuk mempermudah dalam nyampaikan materi guna mencapai maksud tertentu. Di Bawah ini sekian banyak metode dalam pembelajaran bahasa inggris:

Metode-metode Pembelajaran Bahasa Inggris

1. Grammar Translation Method (GTM)
Metode ini berkaitan dengan metode pembelajaran grammar bahasa Latin & bahasa Yunani. Metode GTM difungsikan untuk berbicara, membaca & menulis Latin. Metode ini dibagi jadi dua sektor yaitu : pertama, aturan & model pola. Kedua, kalimat yang dapat diterjemahkan ke dalam & dari bahasa target. Metode ini termasuk pembelajaran aturan grammar, pembelajaran gramatikal kata, & pembelajaran menggunakan aturan (rumus) dalam mengartikan kalimat. Metode ini digunakan oleh Amerika Serikat th 1890. Di metode ini kosa kata bahasa target, dipelajari lewat terjemahan serentak dari bahasa original. Selanjutnya hasil terjemahannya di diskusikan.

Metode ini sering pula dipakai dalam pembelajaran bahasa inggris. Keutamaan metode ini merupakan konsentrasi pada terjemahan wujud ketatabahasaannya, & menghafal kosa kata. Setelah Itu kiat pembelajarannya ialah sangat sederhana. Metode ini cuma menggabungkan kegiatan pembelajaran grammar & terjemahannya. Hasilnya pembelajar bahasa tak mampu menggunakan bahasa target untuk berkomunikasi.

baca juga : grammar present tense

2. Audio-Lingual Method (ALL)
Metode ini dikenalkan di Amerika Serikat th 1940. Biarpun metode ini tergolong amat sangat tua, tapi tidak sedikit guru yang tetap memakai metode ini, setau saya guru bahasa inggris yang palig sering menggunakan metode ini. Dengan Cara teknisnya, metode ini di dukung dengan media bantu yang berhubungan dengann mesin seperti tape recorder & laboratorium bahasa. Metode ini sering dipakai guru dalam proses pembelajaran bahasa inggris terutama pada materi Listening.

Dalam Audio Lingual Method ini pembelajar bahasa dilengkapi dengann pengetahuan & keterampilan yang digunakan untuk komunikasi yang efektif dalam bahasa asing. Selanjutnya pembelajar bahasa serta diharuskan untuk mendalami bahasa & budaya orang asing yang bahasanya mereka pelajari. Awalnya metode ini diperkenalkan untuk mempersiapkan orang menjadi ahli atau master bahasa asing secara lisan dalam waktu yang cepat & bahasa yang ditekankan ialah singkat, terutama dalam bahasa dalam bentuk lisan. Metode ini menganggap bahwa berkata & mendengar yakni peluang yang mutlak, selanjutnya membaca & menulis jadi yang kedua.

3. Silent Way
Nah metode yang satu ini tidak terlalu sering dipakai dalam proses belajar bahasa inggris, meskipun menurut saya metode ini sebenarnya dapat membantu kegiatan belajar bahasa, terutama bahasa inggris. Silent way yaitu nama metode pembelajaran bahasa yang ditemukan oleh Caleb Cattegno. Metode ini memakai batang atau peta angka dalam pembelajarannya. Dalam metode ini aturannya yakni bahasa guru nya relatif lebih sedikit supaya pembelajar (peserta didik) nya jadi lebih aktif dalam membuahkan bahasanya.

Guru cuma berfungsi sbg pemandu, sumber & team penilai. Pembelajar bahasa kebanyakan dibiasakan untuk befikir gagasan dulu sebelum bahasanya diucapkan. Mereka mesti mengerti apa yang bakal mereka katakan sebelum mereka mengatakannya. Pemahaman perdana, selanjutnya berkata.

4. Community Language Learning (CLL)
Nama dari metode ini diperkenalkan & dikembangkan oleh Charles A. Curran & rekan sejawatnya. Curran yakni seorang spesialis dalam Konseling & juga seorang Profesor di Kampus Loyoya Chicago. Metode ini pun dinamakan dengan pembelajaran konseling. Komunitas pembelajaran bahasa hadir memakai teori pembelajarn konseling untuk mengajar bahasa inggris dan bahasa asing lainnya.

Istilah konseling itu sendiri mengacu terhadap hubungan antara konselor & klien. Dalam metode ini guru yang merupakan konselor & peserta didik sbg klien. CLL ini memandang bahwa bahasa pembelajar yakni total dari diri sesorang yang meliputi psikologinya antara lain emosi & perasaan. Bahasa guru yang difungsikan menyesuaikan dengann keadaan & situasi di mana pembelajar bahasa itu menggali ilmu bahasa inggris/ bahasa asing lainnya. Seterusnya kiat pelaksanaa pembelajarannya berbeda-beda berdasarkan budaya, tingkat kecakapannya, & kondisi lokasi kelas.

Baca juga : cara menguasai reading skill bahasa inggris

5. Total Physical Response (TPR)
Total Physical Response ialah salah satu metode yang dikembangkan oleh James J. Ashers, satu orang profesor psikologi di Kampus di Santa Jose, California. Dr. Ashers mengawali percobaanya dari perkembangan psikologi, teori pembelajaran & mekanisme pembelajaran bahasa. Kebalikan dari metode diawal mulanya, bila dalam TPR ini diakui bahwa pembelajar itu mesti mendalami bahasa sasaran atau target sebelum berkata. Pembelajar bahasa bisa menuntut ilmu lewat perbuatan observasi diri sendiri. 

Bersama lakukan observasi & penampakan, mereka dapat mendalami bahasa yang dipelajari. Mereka pun dapat mendalami bahasa dari menonton perbuatan & mendengarnya. Di TPR ini guru bakal mempraktikkan apa yang dapat diajarkannya. Sbg sampel : disaat mengajarkan nose sehingga dirinya dapat menyentuhnya.  Metode ini sanggup dipakai dalam pengajaran anak-anak & orang dewasa. yang jadi basic dalam metode ini yakni kebahagiaan menciptakan pembelajar tertarik dalam bahasa asing seperti bahasa inggris.  

Itulah bebera metode yang biasa dipakai dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa asing. Anda dapat mencoba menggunakan salah satu metode yang sudah dibahasa tadi dalam proses pembelajaran bahasa inggris, Mudah-mudahan pembahasan di atas bisa berguna terima kasih.

Post a Comment: