Wednesday, January 20, 2016

tips trik belajar bahasa inggris tanpa grammar

tips trik belajar bahasa inggris tanpa grammar, caranya sangat mudah kawan. bahasa tidak lain hanya sekedar alat komunikasi saja, sekedar alat untuk menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan. Belajar bahasa sama saja dengan belajar bagaimana menggunakan alat tersebut melalui 4 ketrampilan bahasa yaitu Bicara (speaking), Mendengar (Listening), Menulis (Writing) dan Membaca (Reading)

Belajar bahasa tujuannya hanya membentuk 4 ketrampilan bahasa itu saja, melalui praktek dan praktek. Karena skill masuk dalam ranah motoric (gerak). Skill bukanlah Pengetahuan. dan Bahasa adalah skill – karena nya harus gerak dan gerak. Bahasa bukanlah Pengetahuan. Betapa salahnya orang yang belajar bahasa untuk menguasai rumus-rumus Grammar. Tujuan kita bukanlah menguasai PENGETAHUAN tentang Bahasa Inggris. Tetapi menguasai Bahasa Inggris itu sendiri

Bukan TAHU (pengetahuan)
Tapi BISA (ketrampilan/skill)

Listening, Speaking, Reading dan Writing -> inilah yang disebut dengan 4 keterampilan bahasa atau 4 skills of language. Maksudnya apa? Maksudnya tujuan orang belajar bahasa adalah menguasai 4 keterampilan ini yaitu :

Listening
Jika anda sudah bisa mendengar dan memahami pembicaraan orang

Speaking
Jika anda sudah memiliki kemampuan untuk menyampaikan semua bentuk
pikiran, perasaan dan kebutuhan anda secara lisan

Reading
Jika anda sudah memiliki kemampuan untuk memahami bacaan

Writing
Jika anda sudah mampu untuk menyampaikan pikiran, perasaan atau kebu
tuhan anda dalam bentuk bahasa tertulis

Mana dulu yang harus dikuasai dari 4 skill tersebut ?

Menurut pendapat pakar ”Audio Lingual Method” dengan pendekatan aural-oral approachnya mereka mengatakan bahwa tahapan pembentukan skill bahasa adalah

Listening before speaking
Speaking before reading
Reading before writing

Jika diurutkan
Listening ==> Speaking ==> Reading ==> Writing

Jika anda ingin mempelajari cara menguasai bahasa inggris tanpa grammar dll saya sarankan klik link di bawah ini :


lantas bagaimana dengan Grammar?? .. itu bukan tujuan orang belajar bahasa, sayang.  Karena itu sangatlah meleset jika anda belajar bahasa Inggris dengan tujuan Grammar. Lalu mulailah anda menghapal rumus-rumus Grammar ini dan itu, akhirnya malah puyeng – darah tinggi kumat, tiap hari marah-marah di rumah tanpa sebab.  Okey, baik kita lanjutkan yah

“ ..Language is a set of skills ..” maksudnya bahwa bahasa adalah seperangkat keterampilan.

Maksudnya apa nih? okey .. pertama anda harus pahami antara “Pengetahuan” dan “Keterampilan” samakah mereka?

Tentu anda setuju bahwa mereka tidak sama. Dalam psikologi pengetahuan itu masuk dalam ranah cognitive (cognitive domain). Pelajaran semasa kita SMP seperti Geografi, Ilmu Bumi itu sifatnya cognitive – gampang nya hapalan

Keterampilan masuk dalam ranah motoric atau gerak. Pelajaran seperti Mengetik, Berenang, Pencak Silat semuanya masuk dalam ranah motoric (motoric domain).

Artinya untuk menguasai nya anda WAJIB gerak. Kalau nggak mau bergerak ya nggak akan bisa. Apalagi yang disebut keterampilan itu apabila sudah dapat kita lakukan secara otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking).

Pertanyaan saya kepada Anda
Masihkah Anda ingin membuang-buang waktu Anda belajar dengan cara yang Salah?
Bersusah payah menghapal rumus Grammar – sementara mereka sendiri, para pembicara asli malah tidak mengacuhkan Grammar? Masihkah Anda terbersit perasaan takut salah saat bicara? sementara mereka sendiri, para pembicara asli – bicara seenak wudel nya tanpa mikirkan aturan apapun. Banting Stir !! ..Ikuti cara mereka

Selama ini, bahasa inggris dianggap salah satu momok oleh kita khususnya para siswa sekolah bersanding dengan pelajaran Matematika dan Fisika. Sehingga dapat dipastikan bahasa inggris, matematika dan fisika merupakan pelajaran yang banyak “digemari” para siswa dalam bentuk kursus maupun les.

kenyataannya hasil les maupun kursus bahasa inggris metode grammar tidak bisa menjadikan sebagian besar mereka mampu berbicara bahasa inggris dengan lancar. Pelajaran grammar sebanding dengan rumus-rumus matematika yang rumit karena dianggap sebagai Pengetahuan atau Knowledge.

Belajar Bahasa Inggris dan Naik Sepeda.

mail yamungkin bisa naik sepeda ?. bagaimana mail yamungkin bisa mahir naik sepeda ?. apakah mail yamungkin mempelajari buku panduan “cara belajar naik sepeda dengan baik dan benar” selama semalam lalu mail yamungkin paginya langsung menaiki sepeda dan bisa menguasainya? Kalau cerita Harry Potter dan sapu terbangnya sih saya percaya. Itupun, Harry harus praktek, jatuh dan praktek lagi sehingga Harry mampu mengendalikan sapu terbangnya dengan mahir tanpa perlu berpikir. Di dunia magic aja perlu praktek.

Ya, naik sepeda adalah salah satu bentuk Skill/Ketrampilan yang harus mail yamungkin tebus dengan GERAK, gerak dan gerak sampai benar-benar OTOMATIS TANPA BERPIKIR. Ciri-ciri skill adalah mail yamungkin mampu melakukannya tanpa berpikir.

Rekan yang saya hormati, inilah yang harus dicamkan. Bahwa dalam mengikuti kursus bahasa inggris online ini, saya minta anda menebus kesuksesan mail yamungkin dengan memperlakukan bahasa inggris apa adanya. Bahasa Inggris adalah SKILL

Bahasa adalah Skill BUKAN knowledge
Bahasa adalah alat komunikasi, mail yamungkin sudah tau itu. Dan orang berkomunikasi melalui bicara (speaking), tentu saja ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi menggunakan bahasa melalui tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading). Inilah 4 skill bebahasa yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempelajari bahasa yaitu :
  1. Listening
  2. Speaking
  3. Reading
  4. Writing
Inilah yang disebut dengan 4 skills of language atau 4 ketrampilan bahasa. Dan ini pula tujuan kursus bahasa Inggris online sistim Full Conversation kita, yaitu saya akan membentuk 4 skill berbahasa anda secara terpadu. Maaf, apakah mail yamungkin melihat ada tulisan GRAMMAR disitu? Tidak ada !! .. grammar bukanlah tujuan mempelajari bahasa.

Selama ini banyak orang salah kaprah, termasuk sistim pendidikan bahasa Inggris di Indonesia yang menganggap bahwa GRAMMAR adalah tujuan. Mereka berlomba2 menghambur2kan rumus grammar, dan dianggapnya bahwa dengan menguasai grammar, akan menguasai bahasa. No Way!! .. ini adalah cara kuno yang terbukti salah kaprah, metode ini terakhir digunakan pada abad 18.

Jadi kembali saya tegaskan, grammar bukanlah tujuan kita dalam belajar bahasa Inggris, walaupun grammar pada akhirnya tetap akan saya berikan tetapi pada tahap lanjutan saat mail yamungkin mulai membentuk kemampuan READING dan WRITING

2 comments

download GRATIS buku dan soal IELTS, TOEFL, dan masih banyak lagi. di
UNLIMITED WORLD
MUDAH DAN GRATIS

Reply